Tipe-tipe Memory di komputer







Memory : adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam urutan acak. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM
Tipe Memory :
  a. RAM (Random Access Memory) - FPM DRAM Fast Page Mode (FPM) DRAM Standar DRAM diakses dengan menggunakan teknik yang dinamakan p a g i n g . Akses memori secara normal membutuhkan kolom dan baris yang dipilih dimana membutuhkan waktu. P a g i n g membuat akses memori menjadi lebih cepat dengan cara memberikan alamat baris secara tetap dan hanya mengganti kolom..EDO Ram adalah hasil modifikasi dari FDM memori. EDO ditemukan dan dipatenkan oleh Micron Technology. Burst EDO Merupakan variasi dari EDO adalah Burst Extended Data Out Dynamic Random Access Memory (BEDO RAM).
BEDO pada dasarnya adalah memori EDO yang menggunakan burst features untuk menambah kecepatan transfer data dibandingkan dengan EDO standard. Kenyataannya hanya ada satu chipset yang mendukung penggunaan memori ini yaitu Intel 440FX Natoma. Memori ini hanya dipakai sebentar kemudian digantikan dengan SDRAM. - SD RAM Synchronous DRAM, adalah type DRAM yang berjalan dengan mensinkronisasikan dengan bus memory. DRAM mengirimkan informasi dengan kecepatan yang luar biasa. Dimulai pada tahun 1997 dengan chipset 430VX dan 430TX, sebagian besar dari Chipset Intel sudah mendukung penggunaan SDRAM yang menjadikannya populer di system yang baru.  - DDR  Double Data Rate (DDR) SDRAM adalah design evolusi terbaru dari SDRAM standar yang dapat mengirimkan data dua kali lebih cepat.  
b. ROM (Read Only Memory) Merupakan type memori yang secara permanen atau semi permanen menyimpan data. Dinamakan r e a d - o n l y karena sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menulis ke dalam memori jenis ini. ROM sering disebut sebagai n o n v o l a t il e m e m o r y karena data yang telah disimpan ke dalam memori ini akan tetap berada di situ, bahkan ketika catu daya dimatikan. ROM memiliki 4 program utama yaitu :
 1. POST (Post On Self Power) . Kumpulan dari perintah untuk mengetes semua komponen system berjalan sebagaimana mestinya.
2. CMOS Setup . Aplikasi yang mengijinkan pengguna untuk mengeset konfigurasi system, option, setting keamanan dan preferences.
3. Bootstrap Loader . Fungsi yang pertama kali melakukan scan terhadap Floopy drive dan hardisk untuk mencari sitem operasi untuk dijalankan.
4. BIOS (Basic Input/Output System) . Kumpulan dari driver yang didesain untuk melakukan pengaturan terutama perangkat keras yang dijalankan selama proses boot . 
Empat macam Chipset ROM :
1. ROM (Read Only Memory). 2. PROM (Programmable ROM).
                   3. EPROM (Erasable PROM).
4. EEPROM (Electrically Erasable PROM) sering juga disebut flash ROM

Semoga bermanfaat berkunjung terus ya di blog ini
Baca juga artikel di bawah ini

Perkembangan sistem operasi Windows lengkap

cara mendownload video di youtube tanpa software

burning file video dengan dvd flick 

CARA MEMERIKSA HASIL PERBAIKAN PERIPHERAL

 



Tonton juga video tutorial di bawah ini


tutorial burning file video ke dvd/cd menggunakan dvd flick

0 Response to "Tipe-tipe Memory di komputer"

Post a Comment